Senin, 12 Desember 2016

Kenali linear dan non-linear gameplay

Tags


Selamat datang di blog saya! Ini merupakan postingan pertama saya. Disini saya akan membahas mengenai gameplay yang terdapat pada game. Baik, mari kita mulai.

Tentunya anda semua pernah bermain game bukan? Bahkan ada beberapa yang tertarik dengan cerita dalam game tersebut ditambah dengan tampilan game yang sangat memukau. Nah, saya akan memberi sedikit informasi mengenai jalan cerita game. Secara garis besar, jalan cerita game terbagi atas 2 jenis.

Linear gameplay

Merupakan jalan cerita yang memiliki cerita tersendiri. Maksudnya, dari awal hingga akhir ceritanya sudah dipastikan/dituntut agar kita menamatkan gamenya sesuai dengan cerita game tersebut. Tidak bisa menentukan ending yang kita inginkan. Juga umumnya tidak memiliki quest/side mission/misi sampingan yang bisa kita mainkan.


Non-linear gameplay

Berbeda dengan linear yang bisa dikatakan memiliki permainan yang sempit. Non-linear jelas lebih luas dibanding linear. Kamu bisa berkeliling kota, menuju daerah lain dengan berbagai sarana transportasi, pemain memiliki kebebasan dalam bermain. Beberapa game juga memberikan hak pemain sepenuhnya untuk menenutukan akhir ceritanya sendiri dan bahkan hak untuk mengubah/kustomisasi dunianya. Seperti yang kita kenal ada 2 istilah untuk game seperti ini yaitu Open World dan Sandbox. Sebenarnya hampir sama, namun hanya terdapat sedikit perbedaan saja.Simak penjelasan berikut ini.

1. Game bergaya sandbox sudah pasti memiliki unsur open world. Tetapi game open world belum tentu sandbox.
2. Sama-sama free roaming, artinya bebas berjelajah diseluruh dunia game tersebut.
3. Kalau sandbox, pemain bebas melakukan apa saja tanpa dibatasi dari tujuan, kostumisasi pemain bahkan mengubah dunia game sesuai keinginan kita. Contoh game tersebut berupa Minecraft.
Minecraft
4. Kalau openworld, tindakan pemain dibatasi, memang masalah kostum, memasuki toko, merekrut geng dan lainnya memungkinkan. Lalu apa bedanya dengan sandbox? Bedanya openworld tidak bisa mendesain dunia kita sendiri. Kamu tidak bisa memasuki semua gedung, tidak bisa menghacurkan gedung, dan masi banyak lagi yang lainnya. Maka game seperti GTA series, Watch Dog, The Elder Scrolls V: Skyrim merupakan game Open World.
Watch Dog 2
Inilah postingan saya yang pertama, pastinya masih jauh dari harapan. Jangan sungkan mengajukan pertanyaan, kritik, dan saran dibawah. Nantikan terus artikel menarik dari Lagmaron.

Salam Blogger!

Sumber : https://butterflydroid.wordpress.com/2014/06/21/salah-kaprah-beda-game-bergenre-sandbox-dengan-open-world/


EmoticonEmoticon